Jumat Curhat, Kapolsek LTD Dengarkan Keluhan  Warga Terkait Gajah Liar

Jumat Curhat, Kapolsek LTD Dengarkan Keluhan  Warga Terkait Gajah Liar
Kapolsek LTD Dengarkan Keluhan  Warga Terkait Gajah Liar

KUANSING- Polsek Logas Tanah Darat yang merupakan bagian dari jajaran Polres Kuantan Singingi pada hari Jumat (30/12/2022) melaksanakan kegiatan Jumat Curhat yang merupakan salah satu program yang digagas oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo. 

Kapolsek Logas Tanah Darat Iptu Dodi Hajri, SH dalam kesempatan tersebut mendengar langsung curhatan dari masyarakat Desa Terarak Rendah Kec. Logas Tanah Darat. 

Salah satu warga Desa Teratak Tendah Maspan (63) menjelaslan bahwa secara umum situasi di Desa Teratak rendah masih aman dan kondusif. Namun masyarakat saat ini dilanda kekhawatiran karena adanya kawanan gajah yang selalu datang dan merusak kebun warga. 

"Seperti dalam 2 minggu terakhir ada 3 ekor gajah yang masuk ke perkebunan, gajah-gajah tersbut selain merusak tanaman milik warga juga sudah hampir dekat ke pemukiman warga" Ujar Maspan. 

Maspan menjelaskan "Dulu pada tahun 90-an gajah hanya terlihat sekali dalam sepuluh tahun atau sekali dalam lima tahun. Tapi sekarang dalam setahun bisa datang empat sampai lima kali, sehingga mengkhawatirkan warga. Hal ini barangkali akibat berkurangnya hutan tempat mereka tinggal" 

Kades Teratak Rendah Nasripan yang juga ada dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapan warganya kepada instansi terkait "Hendaknya permasalahan tersebut mendapat perhatian pihak terkait, sebelum nanti warga mengalami kerugian lebih banyak dan yang lebih dikhawatirkan lagi ada korban dari pihak masyarakat" 

Setelah mendengar keluhan masyarakat, Kapolsek Logas Tanah Darat Iptu Dodi Hajri, SH menyampaikan bahwa ia akan mencoba mencarikan solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini. 

"Baik bapak-bapak, kita akan coba carikan solusi atas keresahan masyarakat tersebut dan semoga nanti ada upaya dari pihak terkait sebelum terjadi konflik yang lebih besar antara gajah dengan masyarakat sekitar. Karena bagaimanapun, gajah merupakan salah satu jenis hewan dilindungi yang butuh penanganan khusus oleh ahli yang membidanginya" Ucap Iptu Dodi mengakhiri. 
 

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index